JIC, LBM dan PPMI Jakarta Adakan Pendidikan Peradaban Islam untuk Muallaf dan Pemula

BINAMUALLAF.OR.ID, JAKARTA-  Bertempat di Ruang Audio  Visual 2 Jakarta Islamic Centre hari Ahad (3/11/2019), Jakarta Islamic Centre (JIC), Lembaga Bina Muallaf (LBM), dan Perkumpulan Pengusaha Muslim Indonesia (PPMI) Jakarta menyelenggarakan Pendidikan Peradaban Islam (PPI) untuk Muallaf dan Pemula yang dihadiri oleh 20 orang. PPI merupakan program JIC yang merupakan bagian dari upaya  pencapaian visinya: Menjadi pusat peradaban Islam.

Menurut Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan JIC, H. Rakhmad Zailani Kiki, bahwa  PPI untuk Muallaf dan Pemula merupakan kegiatan non APBD yang pada kesempatan ini diselenggarakan oleh JIC,  LBM dan PPMI Jakarta. Adapun tugas dari tiga lembaga ini dalam penyelenggaraan PPI adalah JIC menyiapkan kurikulum, sebagian narasumber  dan fasilitas tempat serta pendukungnya. Sedangkan LBM menyediakan sebagian narasumber, peserta dan konsumsi, adapun PPMI Jakarta menyediakan peserta,  konsumsi dan honor narasumber.

Dalam sambutannya, Ketua PPMI Jakarta, H. Dunny Rahmat, mengatakan bahwa PPMI Jakarta mendukung kegiatan PPI.” Karena para pengusaha PPMI Jakarta yang ikut kegiatan ini dapat menambah wawasan dan ilmu keislaman mereka dikarenakan sehari-hari mereka disibukan dengan usahanya masing-masing,” ujarnya.

Sedangkan Sekretaris LBM, Kyai Wahyu Misbach, MA, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa PPI diperlukan oleh para muallaf untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap ajaran Islam sebab menjadi muallaf itu tidaklah mudah, mereka harus memahami Islam dari nol sementara mereka telah memahami dan menjalani agama sebelumnya sudah lama, karenanya model pendidikan seperti ini harus diadakan dan diintesifkan. Para muallaf juga terkendala dengan masalah ekonomi karenanya perlu juga ada pendidikan untuk meningkatkan taraf ekonomi para muallaf ini.

PPI Seri 2 akan diadakan lagi pada hari Ahad, 24 November 2019 dari jam 13.00 s.d 15.00 WIB di Ruang Audio Visual 2 JIC dengan tema Spiritualitas Islam dan Kalimat Tauhid. (Admin)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *