Rakhmad Zailani Kiki, Kepala Lembaga Bina Muallaf (LBM)

Pria kelahiran Jakarta, 1 Agustus 1975 ini memiliki nama lengkap beserta gelar H. Rakhmad Zailani Kiki, S.Ag, MM. Dia menjabat sebagai Kepala Lembaga Bina Muallaf (LBM) sejak tahun 2017.

Baginya, pembinaan muallaf bukan hal baru. Sejak dirinya bekerja di Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre) dari tahun 2006 sudah menyelenggaraan beberapa pelatihan untuk muallaf. Selain itu, juga mengadakan kajian-kajian kemuallafan dan Kristologi bersama pakar Kristologi, seperti  H. Insan L.S. Mokoginta dan H.Wachid Rosyid Lasiman, juga dengan muballigh kondang, KH Wahfiudin Sakam.

Pada tahun 2015 dan tahun 2016, dia dipercaya oleh BAZIS Jakarta Utara untuk mengadakan pembinaan muallaf.

Pada tahun 2016, dia beserta teman-temannya yang difasilitasi oleh BAZIS Jakarta Utara membentuk Lembaga Bina Muallaf di bawah naungan Yayasan Nurul Jalal yang beralamat di Jl. Warakas V, Jakarta Utara.

Selain telah mengislamkan beberapa muallaf, dia juga menulis beberapa artikel yang terkait dengan persoalan muallaf yang dimuat di Koran Republika dan situs Jakarta Islamic Centre, yaitu artikel yang berjudul “Riwayat Pengonversi Agama” dan “Apa Manfaat Nikah Beda Agama?”

Motivasi dia untuk berkecimpung di dunia kemuallafan karena menurutnya para muallaf adalah orang-orang hebat, orang-orang cerdas dan pilihan dari Allah Swt,, yang seharusnya kepada mereka umat Islam belajar tentang bukti kekuatan dan kehebatan iman.  Karenanya, merekalah, para muallaf ini, yang harusnya diutamakan pembinaannya agar dapat menjadi bagian utama dari barisan umat Islam yang mensyiarkan Islam rahmatan lil `alamiin. (RK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *